Home » » Makanan Mendongkrak Kualitas Sperma

Makanan Mendongkrak Kualitas Sperma



Bagi kaum pria kualitas sperma perlu dijaga apalagi bagi seorang calon ayah yang menginginkan seorang buah hati. Asupan makanan yang mendongkrak kualitas sperma adalah.

Zat besi. 
Apabila kita Kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia. Gejalanya : lelah, sulit konsentrasi dan gampang infeksi. Bagi kaum pria anemia bisa menyebabkan kurang semangat dan keliatannya tidak  bugar. Kebutuhan zat besi bagik kaum pria sekitar 13 mg per hari.  Sumber makanan yang  bisa diperoleh  seperti hati, daging berwarna merah, kuning telur, sayuran hijau, kacang merah, jeruk serta serelia yang sudah diperkaya, termasuk roti. 

  
Protein.
Protein merupakan penyusun terbesar dari sperma. Kurangnya protein akan mempengaruhi  perkembangan hormon endokrin sehingga perkembangannya menjadi lamban untuk mengikat hormon androgen. Hormon ini sangat dibutuhkan untuk merangsang pembentukan sperma. Pria dewasa membutuhkan protein sekitar 55 gram protein per hari. Sumber makanan yang banyak mengandung protein seperti telur, daging, tempe dan tahu.


Vitamin A dan E.
Kekurangan vitamin A dan E pada kaum pria akan berakibat turunnya kadar hormon LH (Luteneizing hormone) dan FSH (Follicle Stimulating Hormone), untuk pembentukan sperma hormon ini sangat dibutuhkan. Kaum pria membutuhan vitamin A adalah 5.000 IU per hari. Sumber makanan yang mengandung vitamin A bisa  diperoleh dari hati, sayuran atau buah-buahan berwarna merah dan makanan yang mengandung vitamin E banyak terdapat pada kecambah (tauge) dengan kebutuhan sekitar 12 IU per hari.


Zat seng (Zn).
Bagi kaum pria, kekurangan zat seng akan mengganggu pembentukan sperma.  Kekurangan zat seng yang berat, bisa berakibat gagalnya pembuahan. Kebutuhan zat ini bagi kaum pria sekitar 11 mg per hari. Makanan yang mengandung Zat seng banyak ditemui pada kerang, daging, telur, biji-bijian serta kacang-kacangan.

Perlu diketahui, karena zat seng tidak larut di dalam air (hanya larut dalam larutan alkali/basa dan asam), maka tidak dianjurkan mengkonsumsi suplemen yang terlalu banyak mengandung zat seng.

Zat fosfor.
Bagi kaum pria kebutuhan zat fosfor harus diperhatikan agar kualitas sperma tetap terjaga dan pembuahan berlangsung baik. Kebutuhan fosfor bagi kaum pria sekitar 400-500 mg per hari. Zat fosfor ini bisa didapat pada makanan berkalsium tinggi seperti ikan dan susu.

 Semoga info ini bermanfaat

http://goo.gl/Ps5GQS


Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Fix Windows Errors & Optimize Your System

Flag Counter
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. info sehat, segar sekali - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger